Infoku..Infomu..Info Kita..

Asal Usul Balon Udara

Sangat menyenangkan bukan jika kita melihat balon udara yang melayang di angkasa, di mana balon-balon udara udara tersebut memiliki kantong raksasa yang biasa disebut dengan nama envelope. Kantong tersebut biasanya dibungkus oleh kain berwarna-warni sesuai dengan selera pembuatnya.

Tahukah kamu ? Balon udara ternyata adalah teknologi penerbangan paling tua yang pernah diciptakan oleh manusia. Alat ini pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara asal negri Perancis sekitar 230 tahun lalu. Kantong udara raksasa yang disebut envelope berguna untuk menampung udara panas dan keranjang yang menjadi tempat kru beserta peralatan yang dibawanya.

Singkat kata prinsip kerja balon udara itu sangat sederhana yaitu udara panas yang dihasilkan oleh alat pembakar untuk menghasilkan gas panas akan mengangkat balon ke udara. Setelah mengudara pergerakan balon akan dikendalikan oleh alat pembakar yang mengantarkan udara panas. Selain itu untuk menggunakan alat ini kita juga harus memperhatikan kecepatan angin.

Menarik bukan..tapi dimanakah kita bisa mendapatkan balon udara dimasa sekarang ini. dimanakah pabrik pembuatan balon udara? Hmm mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahuinya. Menurut bebrapa informasi yang cukup valid ternyata pabrik pembuatan balon udara terbaik ada di kota Bristol Inggris.


Pabriknya terkenal dengan nama Cameron Balloons. Ini adalah pabrik balon udara terbesar di dunia. Pabrik pembuat balon udara lainnya yang juga terkenal adalah Ultramagic dari Spanyol dan FireFly Balloons dari Amerika Serikat.

Variasi pada model-model envelope disebuah balon udara sangatlah beragam pada umumnya tetapi pada jenis jenis balon tertentu ternyata dibutuhkan rancangan yang lebih khusus lagi mulai dari bahan hingga pembuatannya. Balon-balon khusus tersebut biasanya sejenis balon jetstar yang juga bisa dibuat dengan model apa pun yang dinginkan oleh custumer.
  
Saat ini kita bisa menyaksikan balon udara bebas terbang melayang dengan sentuhan teknologi modern sejak pertama kalinya perjalanan balon udara terjadi di Paris, 21 November 1783. Jika dahulu balon udara banyak digunakan untuk kepentingan adventure bahkan perang tidak untuk saat ini penggunaan balon udara pada masa sekarang ini cendrung lebih bersifat kepada pemecahan rekor dunia dari sudut ketinggian dan jarak tempuhnya.

Seperti yang pernah diberitakan oleh beberapa media barat pada tahun 2005 lalu tercatat sebuah kegiatan yang menggunakan balon udara untuk melakukan pemecahan rekor dunia. Saat itu Vijaypat Singhania mengawaki penerbangan balon udara dan berhasil memecahkan rekor dunia ketika ia berhasil menerbangkan balon udara setinggi 21.027 meter di atas udara Mumbai.

Sebelum peristiwa ini ternyata pada Maret 1999, Breitling Orbiter 3, yang secara khusus merancang balon udara yang dikonstruksi oleh Cameron Ballons, melakukan penerbangan nonstop pertama kali mengelilingi dunia. Menurut GeoWeeks penerbangan itu diawaki oleh Bertrand Piccard dari Swiss dan Brian Jones dari Inggris. Perjalanan mereka berdua memakan waktu 19  hari, 1 jam dan 55 menit  serta berhasil terbang sejauh 40.814 kilometer. Emejing bukan.

Demikianlah sekilas info tentang sejarah singkat penggunaan balon udara oleh manusia.

0 Response to "Asal Usul Balon Udara"