Infoku..Infomu..Info Kita..

Elvis Aaron Presley


Elvis Aaron Presley atau dikenal dengan nama Elvis Presley lahir di Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat, 8 Januari 1935. Karier musiknya yang cermelang telah menjadikan dirinya sebagai The King Of Rock N Roll. Tidak hanya disebut sebagai The King Elvis juga kerap didaulat sebagai salah satu maestro musik yang paling berpengaruh didalam transisi kebudayaan dan percampuran warna musik berbeda menjadi sebuah hits yang sangat populer di jamannya.

Pada saat berusia 13 tahun Elvis ke Memphis mengikuti keluarganya. Kerajaan dan kejayaan musik-musiknya dimulai dari kota Memphis. Pada tahun 1954 diiringi oleh gitaris Scotty Moore dan pemain bass Bill Black  mereka mulai merekam lagu-lagu mereka. Sam Phillips sebagai produser di Sun Records melihat potensi rekaman ini akan mampu memecahkan dan menghebohkan industri musik karena berisi sebuah aliran musik baru yaitu kombinasi apik antara musik country dan rhythm serta blues yang dibawakan dengan backbeat.  

Debut ini menggiring nama Presley sebagai salah satu orang terawal yang mempopulerkan rockabilly, uptempo. Karena jenis musik yang dibawakan cukup menggugah selera pendengar maka RCA Victor mengakuisisi kontraknya dalam kesepakatan yang digalang oleh Colonel Tom Parker, yang mengurusi penyanyi tersebut selama lebih dari dua dekade.

Singel RCA pertama yang dirilis Presley pada Januari 1956  dengan judul Heartbreak Hotel menjadi hit nomor satu di Amerika Serikat pada minggu pertama pemutarannya. Performa semakin meningkat dan Ia mulai dianggap sebagai figur utama dari rock and roll. Penampilannya yang selalu on dijaringan televisi serta rekaman-rekaman lagunya yang selalu memuncaki tangga lagu.

Elvis telah memberikan warna baru yang sangat berbeda baik dalam dunia hiburan maupun didalam tatanan kehidupan sosial masyarakat Amerika. Lagu-lagunya yang energik serta gaya-gaya panggungnya yang seksi dan provokatif dikombinasikan dengan campuran warna warna yang berpengaruh dengan Gerakan Hak Sipil yang sedang marak terjadi di negaranya. Ketidak biasaannya serta hal hal baru yang memicu banyak pro dan kontra di dalam masyarakat Amerika telah menjadikannya populer juga kontroversial.

Tidak hanya didapur rekaman The Kingpun mulai merambah kedalam dunia Film. Pada November 1956 Presley membuat debutnya didalam film Love Me Tender. Karena wajib militer masih berlaku di Amerika pada tahun 1958 iapun bertugas didalam dinas militer. Setelah selesai Ia melanjutkan karier rekamannya selama dua tahun kemudian lalu mulai memproduksi beberapa karyanya yang paling sukses secara komersial sebelum memutuskan untuk lebih mencurahkan diri dalam pembuatan film-film Hollywood beserta album-album sountracknya pada 1960an.

Keputusannya ini menimbulkan banyak kritikan baik dari para penggemarnya maupun dari para kritikus senior serta musisi yang pernah menyaksikan kehebatan karya karyanya. Setelah berpuasa hampir selama 7 tahun dari dunia panggung pada tahun 1968 The King akhirnya kembali tampil dengan muncul pada acara televisi khusus Elvis. Acara yang diikuti oleh konser khusus Las Vegas sekaligus serangkaian acara tur berlaba sangat tinggi. Kemajuan Teknologi membuat konser Elvis Pesley mulai ditayangkan dalam siaran global pertama melalui satelit, Aloha from Hawaii pada tahun 1973.

Pada tanggal 16 Agustus 1977 ( 47 tahun ) saat berada dikamar mandi pribadinya The King terkena serangan jantung dan kemudian wafat. Kematiannya diyakini selama beberapa tahun sebagai akibat dari penyalahgunaan obat-obatan yang membuat kesehatannya memburuk dan wafat. The king meninggal dengan meninggalkan sederet karya karya besar dan perubahan besar di dalam negri Paman Sam serta mewabah keseluruh dunia dengan genre musiknya Rock N rollnya yang sangat kental.

Elvis Presley diyakini sebagai salah satu musisi paling berpengaruh dan terselebrasi pada abad ke-20. Sukses secara fenomenal dengan keuntungan finalcia yang melimpah dari beberapa genre musik yang digoyangkannya diatas panggung. Tidak hanya Rock N Roll tetapi termasuk pop, blues dan gospel mampu ia bawakan dengan baik.

Elvis Adalah salah satu artis solo dengan penjualan terbaik dalam sejarah musik dunia. Dengan perkiraan penjualan rekaman sekitar 600 juta unit di seluruh dunia, Ia mampu memenangkan tiga trophy Grammy dan juga meraih Grammy Lifetime Achievement Award pada usia 36 tahun kemudian namanya telah dicantumkan dalam berbagai hall of fame musik.

0 Response to "Elvis Aaron Presley"